Tuesday, 7 August 2012

Publishing Your Work!

Ini posting tentang networking!

Baca tulisanku sebelumnya, yang tentang seminar dari Joko Anwar. Dia sempet ngasih tau para peserta mengenai cara masuk dalam bisnis film. Caranya adalah dengan networking.

Tapi... tunggu dulu, maksudnya bukan berarti kita harus kenal dengan orang-orang film, bukan berarti kita harus datengin tiap premier film terus nodong minta kenalan dengan produsernya, atau bukan berarti kita harus nongkrong di tempat dugem yang sama dengan tempat dugem orang-orang film. Well, boleh juga sih, tapi sebenarnya ada banyak cara lain yang lebih keren tanpa harus 'memaksakan' diri menjadi orang lain. :)

Caranya banyak, sekarang ini kan jamannya media sosial. So, kenapa gak kita pakai media sosial itu dengan baik. Bisa dengan follow twitter para produser, jadi kita bisa pelajari bagaimana mereka merencanakan proyek, atau pura-pura deket di FB atau Linkedn atau google+ add mereka sekedar fyi :).Dan lain sebagainya...

Lalu cara mana yang aku pakai? yup, cara menulis dan publish di blog!

Loh, katanya jangan pernah publish tulisan, baik itu sinopsis, ide, cerpen, skrip di blog pribadi! Katanya nanti bisa dicuri. Katanya nanti kalau ternyata sinopsisnya jelek, orang yang baca pasti gak akan mau balik lagi ke blog kita, boro-boro dapat jaringan, yang ada malah nama kita diblacklist.

Yah, itu semua kan katanya. Yang pasti sebelum kita publish atau cukup pede untuk mengatakan bahwa kita sudah bisa menulis, kita harus tahu tulisan mana yang bisa dipublish. Jangan sembarangan publish! :)

Maksudnya, publishlah tulisan yang kita tulis tetapi yang sudah teruji keabsahannya, (agak lebay, hehehe). Artinya, usahkan kita minta komentar dari orang-orang sekitar kita dulu. Lihat feedbacknya, apa mereka suka? Apa mereka bilang kurang? Apa yang butuh diperbaiki? Lalu kita edit secukupnya, baru kita publish.

Sistemnya sama persis ketika seorang penulis buku ingin menerbitkan buku. Setelah draft jadi, tentu masuk ke bagian editor terlebih dahulu, baru bisa terbit.

Dengan mempubliskan tulisan kita di blog, atau media apapun, orang bisa menilai apa yang bisa kita kerjakan. Bukan mustahil dari situlah kita bisa mendapatkan jaringan atau kenalan kan?

^_^

Terus, mana tulisanku? postingan berikutnya yah, aku akan publish skenario yang pernah aku tulis saat sedang belajar sama orang-orang hebat seperti Mba Sekar Ayu Asmara, Pak Armantono dan lainnya. :)

See, yaa...

1 comments:

Post a Comment