si penulis?

si penulis?

Sunday 8 May 2011

Cerita

Definisi

Cerita adalah sebuah kumpulan peristiwa akan sesuatu atau seorang karakter yang disusun sehingga menjadi sebuah informasi yang menarik dan patut diinformasikan.

Cara mebuat cerita: buatlah cerita yang unik lain dari yang lain, tabraklah hal-ahal yang sudah ada dan sudah awam. Misal, buatlah vampir menakutkan jadi sangat ganteng – twilight, buatlah hantu yang sangat cantik – Ghost, buatlah penyihir yang sangat gaul – harry potter, dll.

Identifikasi

- Cerita :

Setiap orang butuh cerita, sejak kecil orang tua selalu menceritakan sesuatu pada anaknya ketika akan tidur. Setiap orang selalu ingin menguatarakan pendapat dan selalu ingin mendengar cerita. Setiap orang selalu mencari kedekatan dan identifikasi pada cerita itu.

Maka buatlah cerita yang nyata, real, dekat dengan penonton, dan yang paling kita kuasai. Baik fiksi ataupun nonfiksi seperti dokumenter. Cerita seperti itulah yang akan dengan mudah dicerna, diingat dan di jadikan pandangan para penerima cerita itu.

- Karakter:

Sama halnya dengan cerita. Buatlah karakter yang real, nyata, unik dan dekat dengan penonton. Sehingga para penonton akan selalu dapat menemukan kecocokan dengan karakter yang kita ciptakan.

Contoh karakter-karakter yang sukses, adalah peran Demi Moore pada film ‘Ghost’. Sejak saat itu potongan rambut Demi moore jadi terkenal dan diidolakan banyak orang.

Identifikasikan kebutuhan lahir dan batin karakter tersebut. Buatlah keterganguan atau halangan terhadap kebutuhannya.

Nah, bagaimana cara membuat cerita dan karakter akan dijelaskan lebih lanjut. ^_^

0 comments:

Post a Comment