Friday, 8 July 2011

Ide?

IDE?

Sejak memutuskan untuk serius menulis. Orang selalu penasaran tentang darimana aku bisa dapat ide untuk menulis.

It's a thousand question with only one answer, which is ...

Mulailah dengan Letikan.

Guruku (aris nugraha) mengajariku bagaimana membuat sebuah cerita. Intinya satu sebuah letikan. Dan itu sangat amat berguna.

Ilustrasinya begini. Sekelompok orang membicarakan tentang sebuah topik, misalnya seorang anak yang sedang berbicara dengan orang tua, Seorang kakak yang bicara dengan saudara sepupunya, seorang gadis yang curhat dengan temannya, seorang pengusaha sedang berbasa-basi dengan investornya atau yang lainnya. Lantas apakah masing-masing topik yang dibicarakan mereka itu datang tiba-tiba?

Tentu tidak.

Pasti si anak terletik sesuatu tentang hal disekolahnya hingga dia menceritakan topik tersebut pada orangtuanya. Pengusaha tersebut juga pasti terletik sesuatu hingga akhirnya dia gunakan sebagai basa-basi dengan investornya.

Nah, begitu pula dengan ide cerita. Awalilah dengan sebuah letikan.

Tapi bagaimana letikan itu muncul?

carilah sesuatu yang dekat dengan kita. Bisa pengalaman, bisa apa yang sedang kita baca, bisa apa yang sedang kita lihat, bisa apa yang sedang kita ingat, bahkan bisa dari benda-benda yang ada di sekeliling kita.

Setelah mendapatkan letikan, misalkan letikan diambil dari pengalaman, letikannya adalah 'sekolah'. lalu apakah kita bisa menuliskan cerita dari letikan tersebut? apa kita bisa mendapatkan sebuah ide cerita dari letikan tersebut?

Atau katakanlah, beda yang ada di sekeliling kita. misalkan, saya menulis blog ini dengan sebuah laptop. maka saya bisa menggunakan laptop sebagai letikan. dengan sebuah letikan yaitu laptop. saya bisa menggunakannya sebagai ide cerita saya.

Contoh :
Letikan : Kulkas
Ide cerita : Seorang anak pemulung yang tinggal dibantaran kali ingin memiliki kulkas di rumahnya agar dia tidak harus mencuri es di warung sebelah rumahnya.

Bagaimana, mencari ide itu gampang kan?

Nah, masalah selanjutnya adalah apakah dari letikan itu bisa muncul sebuah ide cerita yang hebat? sebuah ide cerita yang belum pernah dituliskan sebelumnya?

Sabar ya, tunggu postingan selanjutnya , ^_^

oleh ilma fathnurfirda

0 comments:

Post a Comment